penyakit

on Kamis, 09 Desember 2010
hubungan-intimKami sudah menikah sekitar 2,5 tahun. Kami sedang menjalani pemeriksaan untuk mendapatkan momongan. Saya sudah menjalani pemeriksaan dan hasilnya bagus. Sedangkan hasil pemeriksaan sperma suami adalah astenoteratozoospermia. Apakah maksudnya? Apakah penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?
NUNGKI, Surabaya
Astenoteratozoospermia adalah istilah dalam pencatatan hasil analisis sperma. Hal  itu menunjukkan bahwa sperma kurang pada kemampuan gerak (astenozoospermia) dan kurang dalam jumlah sel sperma yang punya bentuk normal (teratozoospermia).
Kemampuan gerak sperma merupakan prasyarat penting yang diperlukan. Yakni agar sperma (spermatozoa) bisa menemukan telur (ovum) yang berada pada tempat yang relatif jauh. Sperma yang berbentuk tidak normal umumnya berkemampuan gerak kurang baik.
Ada beberapa faktor yang mengakibatkan kurang primanya sperma sehingga kemampuan gerak (motilitas) dan bentuk normal (morfologi) bermasalah. Antara lain faktor dari dalam tubuh ataupun faktor dari luar tubuh yang mengganggu.
Faktor dari dalam tubuh (internal) antara lain infeksi daerah organ reproduksi, varikokel, kegemukan di perut (visceral obesity). Ataupun gangguan fungsi tubuh yang lain, termasuk stres. Faktor dari luar tubuh (eksternal) meliputi bahan polutan, paparan panas, ataupun paparan gelombang elektromagnetik.
Infeksi daerah organ reproduksi antara lain infeksi jamur pada kulit kantong zakar, saluran sperma, ataupun infeksi tubuh secara umum. Kondisi itu bisa mengganggu kualitas sperma. Penyebabnya adalah panas tubuh ataupun akibat efek obat.
Varikokel adalah varises pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah testis. Hal itu merupakan faktor penyebab terbanyak yang potensial mengganggu kualitas sperma. Pengaruh peningkatan suhu dan aliran bahan pengganggu karena varises tersebut memicu gangguan bentuk dan gerak sperma.
Yang cukup memprihatinkan adalah polutan yang saat ini relatif banyak. Yaitu polutan dari pelentur plastik, pestisida dalam beberapa bahan makanan, dan paparan gelombang elektromagnetik dari produk elektronik (komputer, HP, dsb).
Sisi baik dari hasil analisis sperma saat ini adalah astenoteratozoospermia. Artinya konsentrasi spermatozoa dalam jumlah yang baik atau lebih dari 20 juta spermatozoa per mililiter sperma.

0 komentar:

Posting Komentar